Traveling Ideas, Traveling Tips, Yuktravel
Leave a Comment

Nusa Penida Destinasi Cantik di Timur Bali

Bali menjadi tujuan wisata yang pasti akan dikunjungi kembali untuk kedua atau ketiga kalinya oleh banyak wisatawan karena selalu ada yang baru dari pulau yang cantik ini. Banyak sekali tempat-tempat yang menawarkan panorama mengagumkan yang bisa menghiasi media sosial kamu. Salah satunya adalah Nusa Penida.

Nusa Penida terletak di tenggara Pulau Bali dan tidak susah untuk menyeberang ke pulau kecil yang satu ini. Banyak sekali yang ditawarkan Nusa Penida mulai dari daerah hijau perbukitan hingga pantai-pantai dengan batu-batu karang uniknya yang sangat menarik perhatian pengunjung.

Nusa Penida menjadi destinasi wisata yang tidak kalah memukaunya dari banyak tujuan wisata yan ditawarkan di Pulau Bali sendiri. Mengunjungi pulau kecil ini akan memberikan pengalaman berkunjung ke salah satu tujuan eksotis yang akan menghias media sosial kamu pastinya. Ingin berkunjung ke Nusa Penida? Kamu hanya perlu kemauan untuk berpetualang lebih lagi.

Kapan Waktu Terbaik Berkunjung ke Nusa Penida?

Nusa Penida dapat dikunjungi kapan saja. Namun, berkunjung di saat musim hujan akan memberikan pengalaman basah yang tidak mengasyikkan. Berkunjung di musim kemarau yang biasanya bersamaan musim kering akan menampilkan pemandangan gersang yang terkadang tidak cantik. Namun, di masa pandemi seperti sekarang ini, kamu dapat berkunjung kapan saja. Ayo dukung pariwisata lokal di Bali dengan mengunjungi destinasi wisata domestik, salah satunya ke Nusa Penida.

Bagaimana Menyeberang ke Nusa Penida?

Ada dua macam kapal yang melayani penyeberangan ke Nusa Penida – kapal ferry atau speedboat. Kapal ferry biasanya dilayani dari Pelabuhan Padang Bai. Biasanya bagi turis-turis yang berakomodasi di Uluwatu, Nusa Dua, Kuta, Seminyak, atau Canggu akan dilayani oleh speedboat dari Pantai Matahari Terbit di Sanur. Yang perlu kamu perhatikan adalah jadwal penyeberangannya jika kamu hanya punya waktu berkunjung sehari saja. Jika kamu ingin berkeliling di Nusa Penida dan menginap di pulau ini, maka waktu kamu akan lebih fleksibel. (foto Gogun Express – touristbali.com).

Yang Unik di Nusa Penida

Tempat wisata di Nusa Penida dibagi menjadi tiga daerah: barat, timur, dan selatan. Jika kamu hanya punya waktu satu hari saja, biasanya kamu akan mengunjungi tujuan unik di daerah barat pulau. Namun, jika kamu ingin mengeksplor lebih lagi untuk menikmati keindahan alam, melihat sunset yang cantik, dan juga diving, maka luangkan waktu kamu dua atau tiga hari untuk menikmati semua itu.

Pasih Uwuh

Pasih berarti pantai dan Uwuh berarti rusak. Pasih Uwuh berarti pantai yang rusak. Pantai ini dikenal juga dengan nama Broken Beach dan merupakan salah satu dari ikon tujuan wisata di Nusa Penida. Dari ketinggian, Pasih Uwuh tampak seperti kolam yang dikelilingi bukit tinggi dengan lubang besar di tengahnya. Sebagai informasi, pengunjung tidak bisa berenang di kolam ini karena tidak ada akses yang menuju ke bawah, jadi kebanyakkan yang datang ke sini hanya menikmati pemandangan alam yang unik dari ketinggian saja. Pasih Uwuh juga menjadi salah satu lokasi untuk menikmati pemandangan sunset yang sangat cantik di Nusa Penida.

Angel’s Billabong

Angel’s Billabong adalah kolam alami yang terletak di bibir pantai dan lokasinya hanya sekitar 500 meter saja dari Pasih Uwuh. Jadi pas kamu ke Pasih Uwuh, jangan lupa untuk mengunjungi kolam yang unik ini. Kamu bisa berenang atau berendam di kolam berair bening ini asal tidak terlalu dekat ke bibir pantai karena ombak yang tinggi bisa menyapu kamu ke laut yang berbatu karang tajam.

Bukit dan Pantai Kelingking

Inilah bukit yang paling banyak difoto di Nusa Penida. Biasanya pengunjung akan berfoto di pinggir terbing Bukit Kelingking untuk mendapatkan pemandangan yang mirip kepala salah satu dinosaurus. Pemandangan dari atas bukit memang menawarkan panorama yang sangat indah apalagi di momen matahari akan tenggelam di ufuk barat. Di bawahnya terdapat Pantai Kelingking dengan pasir putihnya yang bersih dan halus. Namun, untuk menuju ke pantai tersebut kamu akan ditantang untuk menuruni tangga batu yang curam dan kesehatan tubuh yang fit dibutuhkan untuk menaiki tebing menuju kembali ke Bukit Kelingking.

Pantai Crystal Bay

Pantai yang terletak di salah satu teluk alami di bagian barat Nusa Penida ini menawarkan air laut yang sangat bening dengan karang-karang serta ikan-ikan laut yang indah. Kamu bisa melakukan aktivitas snorkelling atau menyelam untuk menikmati keindahan bawah laut Nusa Penida. Dan, biasanya, di bulan Juli sampai September, jika kamu beruntung, kamu bisa menjumpai ikan Mola Mola raksasa yang berenang dekat dengan permukaan laut untuk berjemur. Pantai Crystal Bay sendiri biasanya menjadi tujuan akhir para pengunjung ke Nusa Penida setelah seharian penuh beraktivitas di pulau ini. Tempatnya yang indah menjadi alasan yang tepat bagi kamu untuk mengakhiri kunjungan di destinasi yang cantik ini.

Pantai Atuh

Berlokasi di daerah timur Nusa Penida, Pantai Atuh menjadi pantai berpemandangan sangat cantik tapi masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Kenapa? Karena lokasinya yang jauh dari pelabuhan dengan akses jalan yang relatif susah. Kalau di barat ada Pantai Kelingking yang berpanorama dinosaurus T-Rex, di Pantai Atuh kamu akan mendapatkan tebing berbentuk kura-kura raksasa. Pemandangan cantik, pantai yang bersih dan sepi, dan langkah kaki di pasir yang lembut, rasa-rasanya pantai ini menjadi pantai paling romantis untuk berbulan madu di Nusa Penida.

Manta Point

Selain snorkelling di Pantai Crystal Bay, jika kamu menyukai kegiatan diving kamu harus berkunjung ke Manta Point. Tempat ini menjadi lokasi diving atau snorkelling paling utama di Nusa Penida dan salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi. Saat kamu menyelam di Manta Point, kamu akan melihat banyak ikan pari atau Manta Ray dengan bentuknya yang sangat unik. Selain itu akan banyak  biota laut lainnya yang menghiasi keindahan alam bawah laut di lokasi ini yang akan membuat kamu terpesona.

Semua foto dari Canva.com kecuali tertulis lain.

This entry was posted in: Traveling Ideas, Traveling Tips, Yuktravel

by

Yuktravel is Indonesia leading individual holiday and special interest travel operator. We connect our customers to beautiful destinations worldwide from exotic Maldives, romantic Santorini, historical India to cosmopolitan & natural Australia with the best itineraries travel deals.

Leave a Reply