Skip to content

Serunya Bertemu Lumba-Lumba dan Paus di NSW, Australia

Kalau kamu sedang mengunjungi Australia, terutama di New South Wales, biasanya apa yang kamu lakukan?

Pernahkah terpikir untuk bertemu langsung dengan ikan paus dan lumba-lumba di habitat aslinya? Melihat ikan-ikan tersebut berenang bersama anaknya mendekati teluk dan kamu bisa menontonnya dari jarak dekat. Sebuah pengalaman yang sangat menarik bukan?

Untuk mendapatkan pengalaman ini, kamu bisa datang ke Port Stephens dan Jervis Bay. Dua wilayah yang menjadi bagian dalam rute kehidupan ikan paus dan lumba-lumba ini.

Jervis Bay

Whale watching
Bertemu dengan ikan paus di perairan Jervis Bay || Foto oleh Destination NSW

Wilayah ini merupakan salah satu destinasi wisata pesisir paling terkenal di Australia. Dengan pasirnya yang mendapat predikat pasir paling putih di dunia, Jervis Bay menawarkan sebuah panorama yang memikat. Perairannya yang jernih berwarna biru kehijauan berhasil memikat siapa saja yang berlibur ke tempat ini.

Salah satu pengalaman seru tak terlupakan di tempat ini adalah berlayar melihat paus yang sedang bermigrasi. Kamu dapat menikmati ikan paus dengan berat beberapa ton berenang dengan lincah dan loncat indah.

Kamu dapat bertemu langsung dengan ikan-ikan tersebut dari awal Mei hingga bulan November. Ikan paus yang akan banyak terlihat adalah paus bungkuk, tetapi banyak juga jenis paus lautnya yang dapat kamu temukan. Contohnya saja paus minke, paus pilot, dan paus southern right .

Jika ikan paus hanya bermigrasi melewati perairan ini, maka Jervis Bay merupakan rumah bagi lebih dari 100 lumba-lumba hidung botol. Kamu dapat melihat lumba-lumba yang sedang berenang, bermain-main dalam kawanan, hingga sedang makan di sekitar terumbu karang.

Point Perpendicular, Jervis Bay
Berenang dan menari bebas di Jervis Bay || Foto oleh Destination NSW

Port Stephens

Cruise, Nelson Bay
Kejernihan air Port Stephens memudahkan kamu melihat lumba-lumba yang sedang asyik bermain || Foto oleh Destination NSW

Wilayah ini merupakan pelabuhan alam besar di Hunter Region, New South Wales. Memiliki 26 pantai berpasir keemasan dengan semenanjung pegunungan yang dikelilingi hutan hujan. Memberikan sebuah panorama sempurna sebagai tempat berlibur.

Jika kamu pecinta lumba-lumba, tempat ini wajib didatangi karena Port Stephens dikenal sebagai “Ibukota pengamatan lumba-lumba Australia”. Bahkan kamu tak hanya bisa melihat dari dekat, tapi juga turut berenang bersama lumba-lumba tersebut.

Menariknya lumba-lumba tersebut tak malu-malu menampilkan dirinya ketika kapal wisata datang menghampiri. Mereka malah menampilkan yang terbaik, membuat setiap yang menontonnya akan merasa senang mendapatkan “tarian” terbaik.

Sedangkan untuk ikan paus, kamu bisa melihat ikan paus bungkuk yang sedang bermigrasi pada pertengahan Mei hingga Agustus ke Laut Coral untuk melahirkan. Dari pertengahan Agustus hingga November, kamu akan melihat ikan paus ini bermigrasi kembali ke Antartika bersama anaknya.

Whale Watching, Port Stephens
Dua paus sedang melompat bersamaan, sebuah pemandangan menarik yang belum tentu dapat kamu temukan lagi || Foto oleh Stephen Murray dari Imagine Cruises

Pastinya kamu harus selalu siap dengan kamera atau telepon genggam untuk memotret dan merekam semua gerakan dengan ikan paus dan lumba-lumba. Selamat bersenang-senang dengan kawanan ikan yang ramah terhadap manusia ini!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: