Skip to content

Berlibur Ke Melbourne? Jangan Lewatkan 4 Tema Kegiatan Ini

Melbourne merupakan sebuah kota yang terletak di negara bagian Victoria dan salah satu kota terbesar di Australia. Tak heran banyak wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Melbourne.

Namun, sejatinya apa sajakah yang dapat ditemukan dan membuat tempat ini menjadi unik?

Mungkin jawaban dari pertanyaan tersebut adalah slogan yang seringkali disampaikan ketika berbicara mengenai Melbourne, yaitu “Tidak ada waktu untuk tidur di Melbourne.”

Sebabnya Melbourne memiliki beragam tempat dan destinasi menarik yang tak habis dieksplor, terutama bagi penggemar budaya, pecinta olahraga, peminat fashion, dan petualang kuliner. Penasaran? Simak penuturan berikut.

Budaya

Bagi para penggemar budaya, Melbourne merupakan sebuah tempat pertemuan berbagai budaya. Bermula pada era perburuan emas di wilayah Victoria pada aband ke-19, imigran dari berbagai bangsa datang dan menempat.

Tak heran hingga saat ini Anda masih dapat menemukan jejak perpaduan budaya yang datang ke Melbourne. Contohnya saja Chinatown di daerah Little Bourke Street, nuansa Vietnam di Victoria Street, nuansa Yunani di Lonsdale Street, serta Little Italy di Lygon Street.

Selain itu, tentu saja banyak bangunan yang bernuansa Inggris turut meramaikan kekayaan budaya di Melbourne. Contohnya saja Flinder Street Station yang bergaya Victoria, St. Patrick’s Cathedral yang bergaya gotik, serta Parliament House yang bergaya kerajaan.

flinders-street-station-Melbourne
Flinder Street Station

 

Melbourne juga dikatakan sebagai kota budaya di Australia. Setiap sudut kota ini menampilkan budaya seni yang kental. Dari coretan grafiti di sepanjang tembok hingga The Arts Centre yang menggelar pertunjukkan tari ballet setiap malamnya.

Melbourne juga memiliki pekan raya seni setiap hari Minggu di The Esplanade Market St. Kilda. Festival yang diadakan dari pukul 10.00 hingga 17.00 ini akan dipenuhi dengan berbagai produk seni lokal, dari perhiasan hingga barang pecah belah.

Tak ketinggalan adalah Federation Square. Salah satu bangunan paling menarik di Melbourne ini menampilkan lebih dari 500 pertunjukkan dalam setahun. Menariknya pertunjukkan yang digelar adalah street performance dan diadakan secara maraton dari pagi hingga tengah malam.

Kuliner

Bagi para pecinta kuliner, Melbourne merupakan surga tersendiri. Karena merupakan tempat berkumpul berbagai budaya, Melbourne memiliki ragam jenis makanan yang menggugah selera.

Misalnya saja di daerah Southbank yang memiliki berbagai restoran, bistro, dan bar di tepi sungai. Fitzroy Street dan Acland Street yang berada di St Kilda, daerah suburban Melbourne, juga menawarkan restoran, kafe, dan bar dengan beragam sajian menu.

Melbourne Night River
Southbank, Melbourne

Para pecinta kopi, bersiaplah menikmati kopi-kopi terbaik yang pernah Anda minum. Melbourne sebagai pusat kopi di Australia memiliki beberapa tempat yang menjadi pusat kopi.

Brunswick Street menyediakan kopi yang beraroma khas dan berasal dari Bohemia, Timur Tengah, India, Turki, Arab, hingga Yunani. Degraves Street merupakan jalanan sempit yang dipenuhi dengan kedai kopi. Sedangkan Chapel Street menawarkan kopi Italia yang disuguhkan dengan kue-kue menarik.

Fashion

Anda juga bersiap-siap untuk menghabiskan waktu berbelanja di Melbourne. Di kota ini, Anda dapat berbelanja di Block Arcade yang terletak di pusat bisnis Melbourne, Chapel Street yang menawarkan toko baju dan butik ternama, Bridge Road yang terdapat banyak factory outlet dan barang-barang diskon menarik.

Block-Arcade
Block Arcade, Melbourne

 

Tak ketinggalan Collin Street yang menjadi tempat perkembangan fashion yang menyediakan merk termahal dunia. Begitu pula di Little Collins St, Anda bisa menemukan busana pesanan khusus baik untuk pria maupun wanita.

Pecinta Olaharaga

Melbourne juga menjadi tuan rumah bagi beberapa pertandingan olahraga yang menarik. Contohnya pertandingan tenis Australian Open setiap bulan Januari, balap mobil F1 yang dilaksanakan setiap bulan Maret, dan perlombaan balapan kuda Melbourne Cup Carnival yang akan diadakan pada bulan November 2018.

Great Ocean Road Running Festival
Great Ocean Road Running Festival

Sedikit keluar dari Melbourne, tepatnya di Philip Island, akan menjadi tuan rumah balapan motor Grand Prix Australia setiap bulan Oktober dan perlombaan lari maraton Great Ocean Road Running Festival.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: