Traveling Ideas
Leave a Comment

“Best of the Best” dari Labuan Bajo

Siapa yang mau ke Labuan Bajo? Yes, destinasi ini memang sedang sangat populer bagi orang yang mau berlibur, baik dari dalam negeri ataupun luar negeri. Nah kamu mau tahu spot-spot terbaik yang tidak boleh kamu lewatkan? Yuk kita lihat!

Taman Nasional Komodo (Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar)

Dibentuk oleh pemerintah untuk menjadi tempat perlindungan bagi hewan purba legendaris, komodo, Taman Nasional Komodo terdiri dari tiga pulau besar dan pulau-pulau kecil lainnya. Tiga pulau besar tersebut adalah Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Pulau Padar

Ketiga pulau tersebut memiliki ciri khas alamnya masing-masing. Misalnya di Pulau Komodo dan Pulau Rinca, walaupun sama-sama menjadi rumah bagi komodo, tetapi memiliki perbedaan kontur wilayah. Pulau Komodo lebih banyak wilayah berbentuk hutan sedangkan Pulau Rinca lebih ke Savana. Tapi pastinya kedua pulau tersebut sangat cantik, apalagi untuk difoto.

Pulau Komodo

Namun ketika mau bertemu dengan komodo-komodi di habitat aslinya ini, terdapat beberapa peraturan yang harus ditepati untuk keselamatan diri sendiri.

Contoh peraturannya:

  • Tidak boleh terlalu mendekati komodo. Biasanya karena terlalu excited, kita akan berusaha mendekati hewan tersebut. Tapi kali ini tahan diri kamu dan usahakan untuk membuat jarak 3-5 meter.
  • Buat wanita yang sedang menstruasi disarankan untuk tidak datang berkunjung. Sebabnya komodo sangat sensitif terhadap bau dan dapat dengan mudah mencium darah yang akan membuatnya lapar dan memangsa sumber bau tersebut. Kalau pun tetap mau berkunjung, laporkan hal tersebut kepada ranger untuk dilihat dari segi keamanannya
  • Kamu tidak boleh berteriak, berlari, menggoda komodo dengan melambai-lambaikan selendang dan sebagainya, memberi makan dan minuman
  • Dilarang jalan sendirian karena tempat ini adalah habitat aslinya jadi kamu bisa kapan saja diserang oleh komodo. Selalu berjalan bersama ranger yang menemani

Nah di awal tahun 2020 pemerintah berencana untuk menutup sementara Pulau Komodo untuk direhabilitasi. Untuk tanggal pastinya, masih menunggu pengumuman resmi dari pemerintah.

Pink Beach Pulau Komodo

Ketika berkunjung ke Pulau Komodo, jangan lewatkan spot Pink Beach yang dimilikinya. Hamparan panjang pasir putih kemerahan nan lembut ini akan menyambut kamu. Warna pantainya yang memikat memantulkan sinar matahari tenggelam dengan cantiknya. Foto? It’s a must!

Gili Lawa

Setelah sempat terbakar pada tahun 2018. Gili Lawa telah dibuka kembali bagi wisatawan. Sebenarnya Gili Lawa merupakan pulau kecil tak berpenghuni yang masih menjadi bagian dari Taman Nasional Komodo.

Kecantikannya tentu saja adalah panorama padang rumputnya yang terhampar luas dibalut dengan laut biru yang cantik. Jika berkunjung pada musim hujan kamu akan menemukan padang rumput yang kehijauan sedangkan jika pada musim kemarau berwarna kekuningan.

Pulau Kelor

Eksotisme kecantikan pantai dan laut yang masih tersembunyi dan belum banyak dijamah wisatawan. Kamu bisa menikmati kesunyian alam di tengah panorama yang memikat. Pastinya jangan lupa untuk berfoto-foto dan mengabadikan momenmu.

Sailing Trip

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Merasakan pengalaman liburan yang berbeda dengan menjelajahi wilayah Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo dengan kapal. Kamu bisa menikmatinya seharian penuh ataupun menginap di atas kapal, keduanya akan memberikan pengalaman tak terlupakan.

Kapan lagi kamu menginap di atas kapal dan menyaksikan keindahan matahari terbit dan tenggelam di tengah laut. Sebuah kecantikan dan kedamaian yang sulit kamu temukan di tempat lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s