Campervan & Self Drive
Leave a Comment

Mau Tahu Serba Serbi Liburan Dengan Campervan? Yuk, Simak Tulisan Di Bawah Ini!

Liburan dengan campervan sekarang sedang naik daun, perlahan tapi pasti semakin banyak orang yang merencanakannya. Namun, di sisi lain, masih banyak juga yang bertanya-tanya, bagaimana sih bisa liburan berkeliling menyetir sendiri, tinggal di dalam mobil, sekaligus berkunjung ke lokasi-lokasi berpanorama indah, terutama di New Zealand?

Yuk, ikuti tulisan berikut agar kamu tidak lagi bingung dan segera bisa merencanakan liburan keliling New Zealand sambil ber-campervan!

Dimana Kamu Akan Menginap Dengan Campervan Di New Zealand?

Bagi kamu yang akan berlibur dengan campervan, hal terpenting adalah mengetahui dimana akan memarkir campervan untuk tinggal di daerah tersebut. Hal ini penting karena tidak semua tempat bisa mengakomodasikan campervan.

Apakah kamu harus membayar fee untuk tinggal di tempat tertentu, atau kah ada tempat-tempat dimana kamu dapat tinggal, melakukan aktivitas, dan me-recharge campervan dengan cuma-cuma atau dengan fee tertentu. Untuk itu, ikuti tips dan informasi berikut ini!

Ada dua macam tempat untuk menginap bersama campervan Anda:

  • Freedom Camper Site

Pemerintah New Zealand sangat memanjakan kamu sebagai pengendara campervan dengan menyediakan situs-situs atau area camper site di hampir setiap tempat yang berpemandangan indah. Biasanya tempat-tempat ini letaknya terpencil dengan minim fasilitas yang diperlukan, namun harga sewanya sangat murah dan biasanya hanya NZD6.00 per orang atau jika beruntung Anda bisa menginap dengan gratis atau hanya membayar sukarela saja.

Tapi ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Kamu harus memastikan spesifikasi kendaraan campervan, apakah memungkinkan untuk menginap di daerah perkemahan ini. Biasanya campervan yang bersticker ‘self contained’ yang diperbolehkan menginap di camper site minim fasilitas ini (tidak ada toilet, kamar mandi air hangat dan listrik pada malam hari sehingga hanya mengandalkan penerangan dari campervan saja). Jika Anda melanggar, maka resikonya adalah kena denda sebesar NZD200.

  • Holiday Park

Selain Freedom Camper Site, kamu juga bisa menginap di area bernama Holiday Park. Di tempat ini tersedia fasilitas seperti listrik untuk me-recharge power di campervan, mencuci pakaian karena tersedia fasilitas laundry, menguras kotoran atau waste, serta mengisi air bersih untuk digunakan di campervan. Kamu juga dapat memasak, mencuci piring, dan mandi air hangat di holiday park ini.

Bagi kamu yang penat tidur di campervan, dapat pula menyewa kamar di tempat ini. Tentunya dengan harga terpisah dari biaya atau fee masuk ke area holiday park. Fee masuknya sendiri biasanya berkisar antara NZD10-20 per orang/malam.

Untuk mengetahui tempat-tempat menginap campervan di New Zealand, terdapat website dan juga aplikasi yang cukup membantu, contohnya: aplikasi THLRoadtrip di android dan iOS untuk mendapatkan informasi terbaru. Contohnya seperti: dimana kamu dapat tinggal, tempat-tempat menarik di sepanjang jalan, lokasi-lokasi yang membantu untuk menemukan kamar mandi umum, tempat untuk membuang kotoran, serta supermarket untuk membeli keperluan-keperluan Anda.

Bagaimana Dengan Pembelian Dan Komsumsi Bahan Bakar?

Semakin jauh dari pusat kota maka harga bahan bakar atau bensin akan semakin mahal. Jadi tips terbaik yang disarankan adalah mengisi penuh tangki bahan bakar campervan kamu sebelum berjalan menuju tempat-tempat terpencil di luar kota.

Harga bensin di New Zealand lumayan mahal sekitar NZD2 per liter sedangkan harga bahan bakar disel sedikit lebih murah sekitar NZD1.7 per liter. Namun untuk disel biasanya dikenakan pajak konsumsi dari pemerintah sekitar 60 sen, jadi harganya pun hampir sama seperti bensin.

Perlu kamu ketahaui kalau penggunaan bahan bakar untuk motorhome, karena ukurannya lebih besar, maka akan lebih boros dibanding dengan campervan yang ukurannya lebih kecil.

Mengisi Tenaga Listrik Di Campervan

Di setiap tempat pemberhentian atau penginapan akan ada tanda ‘powered site’ atau ‘unpowered site’. Tentu saja di area powered site kamu dapat mengisi tenaga listrik dengan hanya menyambungkan aliran listrik ke campervan atau motorhome kamu. Sementara di ‘unpowered site’ Anda hanya bisa berhenti tanpa bisa me-recharge listrik di campervan Anda.

Untuk mengisi penuh tenaga listrik di baterai campervan, kamu perlu menyambungkannya dengan tempat pengisian listrik sebesar 240V secara berkala. Tentu saja untuk ini, kamu perlu menginap di tempat-tempat seperti holiday park untuk me-recharge baterai listrik kamu paling tidak dua hari sekali.

Berapa Lama Sekali Kamu Harus Membuang Waste atau Kotoran Dari Campervan?

Pemerinta New Zealand sangat memerhatikan bukan hanya kebersihan tapi juga lingkungan negaranya. Oleh karena itu dalam hal membuang kotoran dari campervan, perlu diingat untuk melakukannya dengan benar dan juga di tempat yang sudah disediakan sehingga tidak merusak dan mengotori lingkungan di sekitarnya.

Pertama-tama yang perlu diperhatikan adalah membuang kotoran atau air yang diberi label ‘black water’ yaitu kotoran atau air yang berasal dari kaset (cassette) toilet serta dari tempat kotoran yang diberi label ‘grey water’ yang berasal dari air mandi serta air pembuangan tempat masak. Buanglah kotoran atau air kotor ini setia dua atau tiga hari sekali di tempat-tempat yang sudah disediakan seperti di holiday park tempat kamu menginap.

Wi-Fi Di New Zealand

Tidak seperti negara-negara maju di Asia, New Zealand tidak memiliki jaringan internet atau wi-fi yang kuat. Jaringan internet nirkabel atau wi-fi dapat digunakan di area cakupan jaringan telpon 3G. Tentu saja akan ada daerah-daerah tertentu seperti taman nasional atau daerah terpencil lainnya di pegunungan yang tidak dapat menerima sinyal jaringan telpon sama sekali dan tidak ada cakupan internet di daerah tersebut.

Aplikasi Penting Untuk Mendapatkan Banyak Informasi

Salah satu yang termudah dan tercepat untuk mendapatkan banyak informasi dan juga peta jalan yang terbaik adalah dengan mengunduh aplikasi untuk telepon pintar iOS atau Android Anda.

Salah satu aplikasi yang paling banyak membantu adalah THL Roadtrip yang akan memberikan informasi terbaru tentang tempat menginap, tempat-tempat menarik yang perlu dikunjungi di rute perjalanan, serta tentunya informasi penting seperti toilet umum, stasiun pembuangan limbah, tempat pengisian air bersih, pom bensin, dan supermarket-supermarket yang terdapat di sepanjang rute campervan kamu.

Nah kamu tertarik untuk liburan dengan campervan, tapi pusing dengan hal-hal tersebut? Yuktravel bisa membantu dengan custom package untuk campervan kamu, Yuk klik YUKTRAVEL CAMPERVAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s