Skip to content

Self-Drive Holiday, Cara Baru Liburan Seru Mengasyikkan

Salah satu cara liburan yang mengasyikkan adalah self-drive holiday alias berkendara sendiri menjelajahi destinasi liburan menggunakaan kendaraan sewaan.

Mungkin banyak yang berpikir, “Waduh, nanti kalau nyasar bagaimana?” atau “Yah, nanti ga bisa santai dong selama perjalanan. Harus nyetir.”

Memang setiap pilihan liburan selalu ada positif dan negatifnya, lalu apa sih keseruan dari self-drive holiday?

Pertama, dengan self-drive kamu bisa mengatur sendiri waktu perjalanan sesuai dengan irama liburan kalian. Mau berapa lama di satu tempat dan berapa lama di tempat lain, semuanya bisa kamu atur sendiri bersama sahabat atau keluarga.

Hinterland
Mau berhenti menikmati pemandangan di tepi jalan? Dengan self-drive hal tersebut dapat dilakukan || Foto oleh Matt Harvey

Kedua adalah privasi yang akan kamu dapatkan. Untuk ikut private tour membutuhkan dana yang tidak sedikit sedangkan paket tur lain biasanya akan menggabungkan kamu dengan orang lainnya.

Oleh karena itu, alternatif pilihan untuk mendapatkan privasi ketika berlibur adalah dengan self-drive holiday. Bercanda ria di sepanjang jalan, hanya kamu dengan para sahabat atau keluarga.

AD338-Mount-Hutt-Canterbury-Julian-Apse
Cuma kamu dan panorama indah membentang di depan mata || Foto oleh Julian Apse

ketiga adalah mobilitas kamu dari satu tempat ke tempat lainnya akan lebih mudah. Tak perlu menunggu jadwal bus atau kereta lagi, tinggal langsung tancap gas!

Bagaimana dengan ketakutan tak mengetahui arah jalan? Tenang, kamu bisa dengan mudah menggunakan aplikasi peta yang tersedia di telepon genggam. Ataupun kalau nyasar, terkadang bisa jadi pengalaman menarik yang akan jadi cerita seru di masa akan datang.

H081-Gimblett-Gravels-Vineyard-Hawke's-Bay-Chris-McLennan
Terkadang, baca peta mencari jalan juga seru loh. Apalagi jika latar belakangnya pemandangan indah seperti ini || Foto oleh Chris Mclennan

Bagaimana kalau lelah menyetir? Di situ menariknya self-drive. Karena kamu menyetir sendiri, maka kamu bisa menyesuaikannya dengan kondisi di lapangan. Jika lelah, kamu bisa berhenti dan beristirahat terlebih dahulu.

Namun memang harus ada persiapan yang harus dilakukan terlebih dahulu sebelum berlibur ala self-drive. Misalnya saja menentukan tempat wisata yang ingin didatangi, rute yang akan dilewati, hingga hotel yang akan dijadikan tempat menginap. Tak ketinggalan mencari rental mobil yang terpercaya.

traffic-2906244_1920 (1)
Mengendarai kendaraan di pagi hari, berselimutkan kabut dan indahnya sinar matahari terbit

Nah bagian persiapan tersebut yang mungkin akan lebih repot dan agak sulit bagi yang belum terbiasa. Tapi jika kamu memang tertarik, mungkin kamu bisa mencoba paket self-drive dari Yuktravel.

Kamu tak perlu repot-repot lagi mencari rental mobil, hotel, atau destinasi wisatanya. Paket yang disediakan Yuktravel bisa memudahkan rencana liburan self-drive kamu.

Salah satu yang pernah mencoba self-drive bersama Yuktravel adalah Bapak Victor Sohilait. Bapak Victor menggunakan jasa Yuktravel ketika mengikuti IRONMAN 70.3 Port Macquarie 2018.

Bapak Victor mengendarai kendaraan dari Sydney menuju Port Macquarie dan kembali ke Sydney bersama istri, teman-temannya, dan bike box yang memenuhi isi bagasi mobil.

PHOTO-2018-05-15-14-20-24
Bapak Victor bersama istri dan sahabat di dalam mobil di tengah perjalanan || Foto dari koleksi pribadi Bapak Victor
PHOTO-2018-05-15-14-20-59
Muatkah bike box dan koper ke dalam bagasi? || Foto dari koleksi pribadi Bapak Victor
PHOTO-2018-05-15-14-20-21
Ternyata muat! hahaha || Foto dari koleksi pribadi Bapak Victor

“Sebuah pengalaman yang sangat seru. Apalagi ini pertama kali nyetir di negara lain,” ujar Bapak Victor. Dirinya mengaku sepanjang perjalanan diisi dengan mengobrol dan bercanda sehingga suasananya riang.

Selain itu perjalanan berjalan dengan lancar dengan mengikuti rute yang telah diberikan oleh aplikasi peta di telepon genggam. Ketika lelah, dia akan berhenti dan makan, baru kembali melanjutkan perjalanan.

Photo 15-05-18 14.21.07
Lapar, mari makan di tengah perjalanan || Foto dari koleksi pribadi Bapak Victor

Tak heran Bapak Victor puas dengan menyetir sendiri. Ketika ditanya apakah mau kembali mencoba self-drive, dirinya positif menjawab ingin mencoba kembali berlibur dengan gaya seperti ini.

Photo 15-05-18 14.27.17
Sensasi berkendara melewati berbagai tempat baru. Mau merasakan sensasi tersebut? || Foto dari koleksi pribadi Bapak Victor

Bagaimana dengan kamu? Ingin mencobanya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: